Media Salafy Online

Meniti jalan di atas Al-Qur'an dan sunnah sesuai dengan pemahaman salaf

Mencegah Sakit akibat Tas Punggung

Posted by Abu Ahmad As-Salafy pada Maret 30, 2009

Tas Punggung

Tas Punggung

MEMBERI pengertian pada anak tentang gaya hidup yang baik dan sehat merupakan tanggung jawab setiap orangtua. Kendati sangat sedikit penelitian dan literatur medis yang mengemukakan panduan khusus untuk menghindarkan anak dari nyeri punggung akibat penggunaan tas sekolahnya. Namun, orangtua bisa menggunakan kiat yang umum digunakan untuk mengurangi nyeri, pegal, atau kram. Berikut beberapa panduan memilih tas yang aman bagi si kecil:

Sebelum memutuskan membeli, teliti dengan saksama desain tas, apakah nyaman dan bisa mengurangi rasa sakit?

Cirinya bisa diamati dari bahannya yang ringan (tas dari kanvas biasanya lebih ringan dibanding tas kulit), mempunyai dua tali atau selempang yang lebar dan bisa diatur panjang pendeknya, serta dilengkapi dengan bantalan yang nyaman untuk bahu. Sejumlah tas juga mempunyai banyak kantong atau saku yang terpisah-pisah sehingga beban tidak terpusat di satu titik. Tas dengan pengikat pada bagian pinggang atau dada juga bagus agar beban tersebar merata ke seluruh tubuh. Ajari anak menata barang-barang dalam tas. Barang-barang yang lebih berat sebaiknya dikemas terlebih dulu di bagian bawah atau dekat tubuh. Sebarkan barang bawaan di kantong-kantong atau saku yang ada sehingga beban tersebar merata dan tidak bergeser saat anak bergerak-gerak.

Atur panjang pendek tali sesuai ukuran tubuh anak, dengan posisi bagian bawah tas dua inci di atas pinggang. Jangan membawa tas terlalu rendah di bawah pantat. Ajarkan anak untuk mengangkat tas dengan cara menekuk lutut atau berjongkok, kemudian baru diangkat dengan kedua tangan seraya berdiri, bukan dengan cara membungkuk kemudian menegakkan tubuh. Orang tua harus senantiasa mengawasi barang bawaan anak. Jika si kecil mengeluh tidak nyaman atau sakit, segera kurangi beban dalam tasnya. Pastikan dia hanya membawa buku yang diperlukan saja dan meninggalkan benda-benda yang tidak diperlukan di rumah, seperti mainan. Biasakan anak untuk membersihkan tas setidaknya sekali seminggu. Bersikap proaktif dalam menangani masalah sakit punggung akibat beban yang terlalu berat. Biasakan anak untuk memberi tahu kalau dia merasakan nyeri, pegal, atau sakit pada punggungnya. Pilihkan tas yang kecil atau sesuai kebutuhannya.

Diskusikan dengan guru atau pihak sekolah tentang bagaimana meminimalisasi buku yang dibawa anak ke sekolah, misalkan dengan menyediakan box file atau loker di sekolah sehingga anak bisa menyimpan sebagian buku-bukunya di sekolah. Jika anak suka pergi ke sekolah dengan naik sepeda, pasang keranjang di bagian depan atau belakang sepedanya sehingga selama perjalanan anak bisa meletakkan tas di dalamnya. (Koran SI/Koran SI/ftr)

Sumber: okezone.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: