Media Salafy Online

Meniti jalan di atas Al-Qur'an dan sunnah sesuai dengan pemahaman salaf

Outbond penyembuh fobia (takut pada ketinggian)

Posted by Abu Ahmad As-Salafy pada April 8, 2009

Kegiatan fisik apalagi kegiatan yang sangat menyenangkan lewat outbound bagi anak-anak, ternyata juga berfungsi sebagai penyembuh trauma. Melalui outbound anak-anak dilatih untuk berani menghadapi apa pun. Seperti dalam program outbound meniti tali misalnya, lama-kelamaan bisa menghilangkan ketakutan anak atau fobia terhadap ketinggian.

Fobia terhadap binatang tertentu, misalnya ulat ataupun cacing, bisa dihilangkan dengan kegiatan yang berhubungan dengan paket outbound pertanian. Karena dengan outbound yang menyenangkan, anak-anak akan melupakan ketakutan yang dirasakannya untuk mencoba melakukan kegiatan.

“Dalam beberapa praktik yang telah kita lakukan, outbound ternyata bisa menyembuhkan ketakutan- ketakutan anak atau fobia terhadap sesuatu. Walaupun perlahan, tetapi hasilnya banyak terbukti,” kata orangtua peserta outbound, Winarti Amanda.

Kemampuan outbound dalam menyembuhkan fobia, menurut Winarti, sudah dibuktikannya setelah mengikutkan anaknya yang dulunya takut dengan air dalam program “Outbound Kid’s” satu tahun lalu. “Awalnya anak saya tidak berani bermain di kolam apalagi berenang di kolam renang. Namun, setelah ikut outbound tiga kali dengan paket yang sama, anak saya mulai berani masuk ke kolam walaupun belum bisa berenang,” sebut wanita yang biasa dipanggil dengan panggilan Win tersebut.

Tidak sampai di situ saja, beberapa paket outbound yang menurut Winarti bagus untuk diberikan pada anak-anak adalah stepping stone, merayap dan jembatan mohac. “Stepping stone disebut juga dengan sungai buaya. Dalam pelaksanaannya, tiap anak diharuskan menyeberangi sungai dengan balok yang jumlahnya terbatas. Itu salah satu tantangan yang diberikan dalam outbound pada anak saya,” sebut Win, yang memiliki putri berusia 12 tahun tersebut. Aktivitas inilah yang akhirnya membuat anak lebih berani menghadapi tantangan.

(Koran SI/Koran SI/tty)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: